Indonesia Sekarang Menjadi Negara Maju, Kata Pendukung Jokowi


by Tara Palasara

Ayo Kita Bedah Artikel Ini, betulkah judul yang telah di sematkan?

SELAMAT, INDONESIA SEKARANG MENJADI NEGARA MAJU !
http://ift.tt/1GTGUNQ

Facebookers antusias sekali mendiskusikan topik di atas, karena banyak di share oleh pendukung Pak Jokowi yang tadinya dimaksudkan untuk pamer/mengunggulkan prestasi Pak Jokowi.
TAPI, apakah betul demikian?! kita simak saja pembahasan di bawah ini... yang pasti malah berbalik jadi bumerang bagi yang nge-SHARE!

Untuk pokok bahasan tersebut di atas, saya akan copas -kan saja, status dari karib saya Narayana dengan editing seperlunya dan saya lengkapi dengan tambahan link referensi untuk menunjang argumentasi.

BETULKAH INDONESIA SUDAH MENJADI NEGARA MAJU?!

Dilihat dalam pemaparannya, artikel tersebut terbukti mengambil [sebagian] informasi dari link :
- http://ift.tt/1VIzube
- http://ift.tt/1GTGTsZ

Nah... karena level referensinya cuman wikipedia, maka masih fair jika kontra pembahasannya juga cukup dengan wikipedia dan atau rujukan umum, tanpa harus repot-repot [semuanya] merujuk kepada jurnal ilmiah, namun demikian, akan tetap ada juga link artikel dari Bank Dunia.

BERIKUT PEMBAHASANNYA :

1] Judul pada artikel yang di share adalah SALAH TOTAL!

Indonesia saat ini BELUM masuk menjadi Negara Maju, karena untuk menjadi negara maju ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi [silahkan baca link di bawah].

Bahkan dari wikipedia tersebut [sumber permulaan artikel] SUDAHLAH JELAS-JELAS DINYATAKAN bahwa, “Negara Industri Baru adalah klasifikasi negara yang mempunyai perekonomian sangat baik NAMUN BELUM MENCAPAI TAHAP NEGARA MAJU.”

[ jadi clear ! bahwa judul artikel tsb. di atas, adalah ngawur dan tendensius ! ]

2] Kalau mencermati data-data yang dipakai dalam artikel tersebut [silahkan lihat gambar data, YANG ADA DI KOLOM KOMENTAR pada artikel], ITU DATA-DATA TAHUN BERAPA?!

Silahkan lihat kolom yang ada dalam kotak biru... itu data SEMUANYA ADALAH TAHUN 2014 ke bawah! siapa Presiden di tahun-tahun tersebut...? bukan Pak Jokowi, khan???

[ catat : jangan asal suka main klaim yaaa ! ]

3] Sebutan untuk Indonesia yang POTENSIAL akan menjadi negara maju, ITU BUKANLAH BERITA BARU!

Sudah sejak tahun 1993 Lembaga WORLD BANK/Bank Dunia sudah membuat laporan studi mengenai pembangunan negara-negara Asia Timur dengan judul "The East Asian Miracle : Economic Growth and Public Policy", dan dalam laporan ini, Indonesia meski di urutan "bontot", dimasukkan dalam jajaran delapan negara yang dianggap cukup cepat pertumbuhan ekonominya DAN SANGAT BERPENGHARAPAN untuk menjadi Negara Maju makanya bisa dikategorikan dalam "New Industrial Countries" (NIC).

[ harap dicamkan : siapa yang menjadi Presiden pada tahun tsb? ya betul... beliau adalah (alm) Pak Harto!!!! dalam pembahasan di kalangan ekonom, seandainya saja tidak terjadi Krisis Moneter 1998 (yang memang sudah menjadi ketentuan Allah Yang Maha Kuasa) memang tidak ayal jika Indonesia benar bisa menjadi Negara Maju dalam waktu yg relatif tidak lama ]

KESIMPULAN:

Artikel yang banyak di share oleh Pendukung Jokowi yang dimaksudkan untuk MENGUNGGULKAN prestasi Pak Jokowi tersebut adalah SALAH KAPRAH ! justru artikel tersebut bisa2 mempermalukan Pak Jokowi [jika dimaksudkan untuk mencitrakannya] karena data yang dipakai adalah data jaman Pemerintahan SBY.