"Cara China Menguasai BUMN Dengan Investasi Kereta Cepat" by Prof. Yusril


1. Saya ingin bertanya barangkali ada yg bisa menjelaskn apakah memang urgent membangun kereta api cepat yg menghubungkn Bandung-Jkt? #CatatanYusril

2. Apakah dg jalan tol cipularang, kereta api yg ada sekarang & pesawat yg terbang Jkt-Bdg PP masih belum cukup dan belum memuaskan? #CatatanYusril

3. Pertanyaan tentang urgensi ini perlu dijelaskn karena biaya pembangunan KA cepat itu biayanya 5,5 milyar dolar AS atau Rp 78 trilyun. #CatatanYusril

4. Biaya itu bukan berasal dari pengalihan subsidi BBM melainkan setoran equity 25% konsorsium 4 BUMN senilai hampir 19 trilyun. #CatatanYusril

5. Sementara sisanya 75 persen berasal pinjaman dari China kepada 4 BUMN tersebut yang harus dilunasi selama 60 tahun. #CatatanYusril

6. Tambahan untuk mempertajam. Ke 4 BUMN itu Adalah: 1. Wijaya Karya (Wika), 2. PT KAI, 3. PT Jasa Marga dan 4. PTPN VIII.

7. Kontraktor pembangunan kereta cepat itu adalah pihak China sendiri yg mungkin nanti akan bawa tenaga kerja dari China pula. #CatatanYusril

8. Kalau kontraktor itu lalai/wanprestasi mengerjakan proyek KA cepat itu, apa yg akan terjadi dg pinjman kepada konsorsium 4 BUMN itu? #CatatanYusril

9. Yang namanya utang ya tetap utang yang harus dicicil utang pokok plus bunganya jika telah jatuh tempo. #CatatanYusril

10. China tidak akan mau pusing dg kelalaian kontraktornya sendiri, sengaja atau tdk sengaja, yg namanya utang ya harus bayar. #CatatanYusril

11. Kalau tak mampu bayar bukan mustahil China akan akuisisi saham ke 4 konsorsium BUMN tsb. Maka China mulai kuasai BUMN kita. #CatatanYusril

12. Itulah model "investasi" China ke negara kita sekarang ini. Layakkah mereka disebut sebagai investor? #CatatanYusril

13. Tambahan, Presiden Jokowi Telah Resmikan Proyek KA Cepat Bandung-Jkt Pada Tgl 21 Januari Tahun 2016. 

Sekian.. Salam Hormat.

*Sumber: http://ift.tt/1nLYIJ3