Nahloh! Wapres JK Minta Klarifikasi China, Kereta Cepat RI Lebih Mahal Dari Iran


JK Minta Llarifikasi China, Kereta Cepat RI Lebih Mahal Dari Iran

Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta klarifikasi China soal perbedaan nilai proyek kereta cepat di Indonesia dan Iran. Berdasarkan informasi diterimanya, harga proyek kereta cepat Jakarta-Bandung lebih mahal ketimbang di Iran.

Padahal, kedua proyek itu digarap oleh satu perusahaan: China Railway Enginering Corporation.

"Saya juga tadi sampaikan ke Dubes China untuk meminta verifikasi lebih lanjut atas informasi itu, dan dia janji untuk itu," kata JK seusai menerima kunjungan Duta Besar China untuk Indonesia Xie feng di kantornya, Jakarta, Kamis (28/1).

Dalam pertemuan tersebut keduanya memang membahas perihal proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Pembangunan kereta cepat di Indonesia dengan jarak 150 kilometer diperkirakan menelan dana hingga 5,5 miliar dolar AS. Sedangkan, pembangunan kereta cepat di Iran dengan jarak lebih panjang, 400 kilometer, hanya membutuhkan dana 2,73 miliar dolar AS.

Kedua proyek kereta cepat itu dibangun oleh China Railway Engineering Corporation. Uniknya, keduanya ditargetkan rampung pada 2018.

http://ift.tt/1ZUQ4E9

***

Banyak yang harus diklarifikasi pemerintah terkait proyek Kereta Cepat ini. Ada kesan ini memang pekerjaan yang terlalu dipaksakan mulai dari feasibility study, amdal, perijinan, konsep kerjasama, harga, dll.

ADA APA SIH DIBALIK PROYEK CHINA INI???