Kambing Nekad Kalahkan 'Banteng': Yang Besar Akhirnya Kalah Oleh Keberanian si Kecil


Video kejadian nyata: Kambing Nekad Kalahkan 'Banteng'.

Yang Besar Akhirnya Kalah Oleh Keberanian si Kecil.

Saya jadi teringat tulisannya Anis Matta yang berjudul "KEBERANIAN".

Saudara yang paling dekat dari naluri kepahlawan adalah keberanian. Pahlawan sejati selalu merupakan seorang pemberani sejati. Tidak akan pernah seseorang disebut pahlawan jika ia tidak pemah membuktikan keberaniannya. Pekerjaan-pekerjaan besar atau tantangan-tantangan besar dalam sejarah selalu membutuhkan kadar keberanian yang sama besarnya dengan pekerjaan dan tantangan itu. Karena pekerjaan dan tantangan besar itu selalu menyimpan risiko. Dan, tak ada keberanian tanpa risiko.

Naluri kepahlawan adalah akar dari pohon kepahlawanan. Tapi keberanian adalah batang yang menegakkannya. Keberanian adalah kekuatan yang tersimpan dalam kehendak jiwa, yang mendorong seseorang untuk maju menunaikan tugas --tindakan atau perkataan-- demi kebenaran dan kebaikan, atau untuk mencegah suatu keburukan, dan dengan menyadari sepenuhnya semua kemungkinan risiko yang akan diterimanya.

Kepada orang-orang Romawi yang berlindung di balik benteng di Kinnasrin, Khalid bin Walid berkata, "Andaikata kalian bersembunyi di langit, niscaya kuda-kuda kami akan memanjat langit untuk membunuh kalian. Andaikata kalian berada di perut bumi, niscaya kami akan menyelami bumi untuk membunuh kalian." Dan, roh keberanian itu memadai untuk mematikan semangat perlawanan orang-orang Romawi. Mereka takluk.

Dan lihatlah... banteng itu takluk oleh keberanian kambing nekad ini!

Link video: https://www.youtube.com/watch?v=Oo9NdVAukmU&feature=youtu.be