Ratusan Pendukung Tim Sepakbola Mesir Lambaikan Simbol Rabia Dukung Mursi


JOHANNESBURG - Ratusan fans/pendukung tim sepakbola Mesir melambaikan simbol empat jari khas 'Rabia' saat tim Mesir Al-Ahly bertanding melawan tim Orlando Pirates di kejuaraan Afrika pada Sabtu (26/9) malam di Johannesburg, Afrika selatan.

Simbol Rabia merupakan simbol perlawanan terhadap pemerintahan ilegal Mesir yang dikuasai as-Sisi dan sekaligus dukungan kepada presiden terguling Mesir yang sah Muhamad Mursi.

"Kami mengirim pesan kepada Sisi untuk berhenti menindas anggota Ikhwanul Muslimin," ujar seorang warga Mesir yang tinggal di Afrika Selatan seperti dikutip middleeastmonitor (27/9).

"Kami adalah suporter Al-Ahly tapi kami juga ingin mempergunakan kesempatan ini untuk menginformasikan kepada Afrika Selatan dan dunia tentang situasi terkini di Mesir," sebut ekspatriat Mesir yang meminta untuk tidak ditulis namanya itu.

Fans lainnya mengatakan "kami juga ingin menunjukkan solidaritas kami dengan presiden Muhammad Mursi dan banyak warga Mesir lain yang ditahan oleh rezim diktator as-Sisi dengan tuduhan-tuduhan yang dibuat-buat".

Polisi lalu menyita sejumlah spanduk dan T-shirts Rabia lainnya.

Iqbal Jassat, dari grup advokasi Media Review Network, mengatakan dia "murka" atas laporan bahwa protes Rabaa tersebut diiintervensi dan dihentikan oleh polisi. "Afrika Selatan seharusnya menjadi sebuah negara yang bebas dan ini sungguh memalukan bagi demokrasi kita," dia menambahkan.

Sumber: middleeastmonitor