Raja Salman Perintahkan Investigasi Menyeluruh Tragedi Mina


Jeddah – Raja Saudi Arabia, Salman bin Abdulaziz Al Saud, memerintahkan investigasi terjadinya tragedi Mina yang terjadi Kamis, (24/9).

Raja Salman memerintahkan peninjauan kinerja manajemen haji apakah seluruh prosedur untuk jamaah haji tahunan ini telah berjalan sesuai prosedur.

Raja juga memerintahkan semua instansi bersangkutan untuk melaksanakan suatu penyelidikan dengan cepat.

Raja Salman, yang juga Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata, memberi perintah dalam sebuah pertemuan dengan pangeran, menteri dan pejabat senior pemerintah dan militer serta ulama.

Hadir dalam pertemuan itu juga Mufti Sheikh Abdul Aziz Al-Asheikh, yang datang untuk menyambutnya pada kesempatan Idul Adha di Mina Palace.

Di awal pidatonya, Raja Salman disambut warga Saudi dan jamaah haji. Ia menyampaikan belasungkawa atas kematian peziarah, berdoa kepada Allah SWT agar korban meninggal diterima amal ibadahnya dan yang terluka segera sembuh.

Raja Salman juga memerintahkan untuk memeriksa apakah organisasi tawafa dan lembaga lainnya yang bertanggung jawab atas pelaksanaan haji telah bekerja dengan benar.

“Kami telah menginstruksikan instansi terkait untuk meningkatkan standar organisasi dan manajemen dari pergerakan jamaah. Kami akan bekerja, insya Allah, untuk mengatasi semua hambatan dan kesulitan sehingga memungkinkan para peziarah untuk melakukan ritual mereka dalam kemudahan dan kenyamanan, ” kata Raja Salman dalam pidatonya.

“Terlepas dari temuan investigasi, kami tidak akan menghentikan proses peningkatan mekanisme dan gaya berfungsi selama musim haji. Tanggung jawab kami dan kewajiban dalam melayani tamu Allah sangat besar dan kami melihatnya sebagai suatu kehormatan, ” kata Raja.

Sumber: deliknews