Pasca Dibersihkan dari ISIS, Turki Pasok Kebutuhan Listrik dan Air Untuk Jarablus Sebelum Idul Adha


[portalpiyungan.com] JARABLUS - Setelah pembersihan ISIS dari wilayah perbatasan dan mengamankan kota Suriah utara Jarablus, yang bekerja sama dengan Tentara Pembebasan Suriah FSA, Turki bersiap-siap untuk memberikan kota Jarablus dengan listrik dan air sebelum Idul Adha.

"Kami akan menyediakan listrik untuk Jarablus Idul Adha ini, insya allah," Menteri Energi dan Sumber Daya Alam Turki, Berat Albayrak mengatakan dalam tweet pada hari Kamis (8/9), menyebut kota itu sekarang sudah dibersihkan dari teroris dan tujuannya adalah agar warga bisa hidup normal kembali.

Pekan lalu, sebuah perusahaan distribusi listrik lokal meluncurkan upaya untuk menghubungkan grid di Jarablus dengan kota perbatasan Turki Karkamış. Tiga kilometer saluran listrik bawah tanah dari Karkamış akan terhubung ke Jarablus, dengan dua kilometer yang terletak di tanah Suriah dan sisanya di Turki.

"Setelah menendang ISIS dari Jarablus, tujuan kami berikutnya adalah untuk membantu membawa kehidupan kembali normal di wilayah itu. Dengan ratusan pengungsi Suriah kembali ke daerah yang baru-dibebaskan di perbatasan Turki-Suriah, memasok listrik untuk Jarablus merupakan langkah penting untuk menyelesaikan tugas itu," kata seorang pejabat dari Kementerian Energi.

Sementara itu, delegasi dari Gaziantep Metropolitan Municipality mengunjungi Jarablus untuk mengawasi upaya rekonstruksi dan menunjukkan solidaritas dengan penduduk setempat.

Delegasi, termasuk Walikota Fatma Şahin, Deputi Gubernur Gaziantep Nursal Cakiroglu dan Karkamış District Governor Yusuf Osman Diktaş, menyeberangi perbatasan Turki-Suriah pada hari Kamis dan bertemu dengan penduduk setempat.

Walikota Şahin mengatakan bahwa ada upaya-upaya oleh Pemkot Gaziantep dan lembaga lainnya untuk membangun kembali Jarablus, dikoordinasikan oleh gubernuran. Dia mengatakan bahwa unit-unit teknis mencoba untuk mengalihkan air dari sumur kota ke jaringan air dengan bantuan generator listrik, berharap bahwa kota akan memiliki air sebelum Idul Adha.

Şahin menambahkan bahwa delapan unit dilengkapi dengan mesin-mesin berat mencoba untuk membersihkan puing-puing dan sampah dari kota sebelum Idul Adha.

Setelah pertemuan kabinet Rabu, Wakil Perdana Menteri Turki Nurettin Canikli mengatakan bahwa Turki akan memasok air dan listrik untuk Jarablus mulai dari Sabtu dan Senin.

Sumber: Daily Sabah