Sudah Aman Dikuasai Militer Turki, Pengungsi Suriah Kembali Ke Kampung Halaman Rayakan Idul Adha


[portalpiyungan.com] Menjelang hari raya Idul Adha 1437 H yang jatuh pada hari Senin 12 September 2016, puluhan ribu pegungsi Suriah yang berada di Turki dilaporkan kembali ke wilayah Suriah untuk merayakan Idul Akbar (Hari Raya Qurban) di kampung halaman.

“Sejak Senin (5/09) pagi ribuan warga pengungsi yang terdiri dari anak-anak dan orang tua telah memadati perlintasan Gilo Gozo Turki untuk menyeberang ke sisi Suriah,” seperti dilansir koresponden kantor berita Turki Anodulu Agency dari perbatasan Turki-Suriah.

Informasi yang diperoleh koresponden Anadolu menyatakan bahwa ribuan pengungsi ini memilih kembali ke Suriah untuk merayakan Idul Adha di kampung halaman mereka. Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah seiring kondusifnya kota Jarablus pasca operasi militer yang dilancarkan Turki di wilayah perbatasan selatan dengan Suriah.

Seperti diberitakan, pada 24 Agustus 2016, militer Turki meluncurkan operasi militer di kawasan utara Suriah dengan nama “Perisai Eufrat”, untuk mengusir teroris ISIS dan milisi PYD yang menguasai wilayah itu.

Operasi militer Turki dibantu oleh mujahidin FSA (Free Syrian Army) telah berhasil membersihkan wilayah perbatasan Turki-Suriah dari ISIS.

Kini sebagian warga Suriah yang menjadi pengungsi bisa kembali ke kampung halaman.

Allahummansur mujahidin fii suriah wa fii kulli makan...