Jokowi Berisik!



Alih-alih merealisasikan janji-janji yang disampaikan pada masa kampanye kemarin, Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla justru menimbulkan kegaduhan politik dan ekonomi. Demikian disampaikan pengamat politik Hendri Satrio di Jakarta, Rabu 28 Januari 2015 saat dimintai tanggapanya terkait 100 hari masa pemerintahan.

"Politik dan kestabilan keamanan tidak bisa ditenangkan. 100 hari pemerintah Jokowi, politik, ekonomi dan kemanan luar biasa berisik," kata Hendri.

Kelemahan pemerintahan Jokowi dalam membangun komunikasi yang baik dengan lembaga di bawahnya serta kegamangan dalam bersikap semakin mempekeruh keadaan.

"Soal ekonomi, strategi naik-turun BBM hanya menyebabkan harga-harga semakin melambung tinggi. Mestinya Jokowi tegur keras para menterinya," demikian dosen Universitas Paramadina ini.

Sebelumnya, politisi Gerindra sekaligus Wakil Ketua DPR dari Fraksi Geriindra, Fadli Zon juga menyampaikan hal yang sama.

"Gebrakan banyak, hasil tidak signifikan, lebih banyak entertaining," kata Fadli di kompleks parlemen, Senin 26 Januari 2015.

Sampai kapan Jokowi masih akan berisik dan membuat gaduh politik negeri ini? [*]