Militer Turki Terkuat di Timur Tengah


Timur Tengah telah dihantam oleh banyak kekacauan dalam satu dekade terakhir dan militer selalu dibenturkan dalam kerusuhan regional yang sering berujung pada kekerasan.

Ancaman transnasional seperti ISIS dan pemberontakan di dalam negeri yang berasal dari kelompok militan bercampuraduk dengan persaingan regional yang lebih besar, telah memaksa negara-negara Timur Tengah untuk mengembangkan angkatan bersenjata mereka.

Mereka tak selamanya berhasil. Militer Irak contohnya, telah bertekuklutut segera setelah ISIS melakukan serangan membabibuta di seluruh negeri saat musim panas lalu, padahal, Irak dikenal memiliki prajurit militer yang tangguh dan persenjataan buatan Amerika yang canggih.

Untuk memahami kekuatan persenjataan di negara-negara Timur Tengah,  Global Firepower Index menyajikan sebuah pemeringkatan dari 106 negara yang memeringkatkan pasukan militer berdasarkan 50 faktor, termasuk budget secara keseluruhan, jumlah pasukan, jumlah perlengkapan yang dimiliki di gudang persenjataan serta akses ke sumberdaya alam.

Index ini bukan dimaksudkan sebagai analisis akhir yang definitif  dan hanya memfokuskan pada kuantitas, Index ini juga tidak memasukkan faktor tambahan seperti persenjataan yang canggih atau stok persenjataan nukllir. Namun, index ini tetap memberikan informasi yang cukup baik mengenai kesiapan dasar sebuah negara.

Untuk mempermudah, kami telah membuat grafik untuk membandingkan 15 dari militer di Timur Tengah menurut informasi terbaru dari Indeks Firepower Global. Peringkat ini dirilis pada bulan April (sebelum serangan membabibuta ISIS di  Irak dan gejolak Israel dan Hamas), dan melibatkan beberapa kelompok data yang dapat berubah sewaktu-waktu.

Dari grafik ini dapat dilihat dengan jelas, bahwa Turki menduduki peringkat pertama dalam kekuatan militer di Timur Tengah. Dengan penilaian secara keseluruhan menduduki peringkat pertama, Turki didukung 410.500 personil militer, 3.657 tank, 989 pesawat, 14 kapal selam dan memiliki buget 18.185. Juta dollar. Meski Turki tak memiliki hulu ledak nuklir, namun, kekuatan militer Turki ini berada di Israel dan Mesir yang masing-masing menduduki peringkat kedua dan ketiga. [business insider]