Uniknya The Mobile Musholla, Program Sholat Jamaah di Keramaian


UNIKNYA THE MOBILE MUSHOLLA

Oleh Hakimuddin Salim
Kandidat Doktor Univeristas Islam Madinah

Sholat adalah ibadah yang agung dalam Islam, khususnya sholat wajib lima waktu. Bukan saja afdhol di awal waktu, namun juga sangat disunnahkan untuk ditunaikan secara berjama'ah. Bahkan ada pendapat yang mewajibkannya (jama'ah) bagi kaum lelaki.

Atas dasar ini, di Saudi Arabia ketika tiba waktu sholat, seluruh aktifitas perkantoran, pelayanan publik dan jual-beli harus berhenti beberapa menit sebelum dikumandangkan adzan. Kalau tidak, kantor atau toko yang bersangkutan akan mendapatkan peringatan, hingga sanksi tegas pencabutan izin usaha.

Selain itu, ada sebuah program sosial-religi yang unik bernama: Al-Musholla Al-Mutanaqqil atau The Mobile Musholla. Ini adalah semacam Musholla bergerak untuk menyelenggarakan sholat wajib berjama'ah di tempat keramaian atau acara umum insidental.

Terdiri dari mobil truk box yang berisi sound system atau pengeras suara, lengkap dengan lampu penerang dan menara mini untuk horn. Disediakan juga karpet panjang sebagai tempat sholat di tempat terbuka. Yang menarik, di sisi truk tersebut tertulis kalimat: "Aqim sholaataka qobla mamaatika". Yang berarti, "Tegakkan sholatmu sebelum datang matimu".

Hebatnya, Mobile Musholla ini dilengkapi dengan imam dan muadzin dengan bacaan yang fashih dan suara yang indah. Selesai sholat, kadang ada semacam kultum untuk menyampaikan satu atau dua hadits Rasulullah, 'alahis sholatu wassalam.

Beberapa kali saya menemukannya. Seperti saat jalan-jalan ke pantai di Jeddah. Atau saat mengunjungi pameran bunga dan aneka marga satwa di Madinah menjelang musim panas. Terakhir kemarin di arena pameran buku dan budaya, depan kampus Islamic University of Madinah.

Dengan adanya Musholla Mutanaqqil ini, masyarakat yang sedang berlibur di tempat wisata atau sedang mengunjungi acara-acara umum insidental, dapat tetap melaksanakan sholat tepat waktu berjama'ah, meski jauh dari masjid atau musholla.

Alangkah indahnya, andai di tanah air ada program serupa...