[Pasca Delay Tiga Hari] Delay Satu Jam Hari Ini, Pihak Lion Air Anggap Wajar



Lion Air memastikan operasional pesawat mereka di seluruh bandara mulai berjalan normal pasca kejadian delay parah sejak Rabu hingga Jumat kemarin. Kenyataannya, pesawat Lion Air di Yogyakarta hari ini kembali dikabarkan terlambat.



Menurut Direktur Airport Service Lion Group, Kapten Daniel Putut Kuncoro Adi, keterlambatan di Yogyakarta tadi pagi masih terhitung normal.



"Delay itu dalam kondisi masih normal. Bukan delay yang terlalu dibesarkan. Setiap airlines mungkin mengalami delay," katanya dalam jumpa pers di Kementerian Perhubungan, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin, 23 Februari 2015.



Dia memastikan delay yang terjadi di Yogya tadi pagi tak lebih dari 30 menit sampai 1 jam. Sebab, pasca keterlambatan berjam-jam selama tiga hari pada pekan kemarin, mereka selalu mendapat update dari tim maintenance di lapangan.



"Kalau delay sekarang saya bisa tunjukin di sini setiap 3 jam update, jadi contoh dari jam sekarang jam 12 siang, Lion ada 83 persen ada 73 flat delay memang, tapi normal. Tadi udah saya sebutkan delay normal mulai 30- 1 jam," tambahnya.



Lion Air, katanya, menyadari kemarahan penumpang soal delay hari ini.



"Dari delay kemarin kita punya pengalaman yang sangat mahal, adalah kejelasan penumpang itu kan intinya ingin jelas pingin tahu ini putusnya di mana. Di boarding kita atau manajemen," jelas Daniel.



Sebagai bentuk berbenah diri, katanya, Lion Air berjanji setiap ada keterlambatan 15 menit akan diinformasikan ke penumpang.



"Sekarang setiap 15 menit delay kami informasikan ke penumpang ini loh delay misal bannya kempes. Perbaikanya berapa lama, misal 2 jam, 15 menit lag kita informasikan," pungkasnya.