KABINET PODOMORO - Rizal Ramli Didepak, Ahok pun Tersenyum



[portalpiyungan.com] Tersingkirnya Rizal Ramli dari pos Kementrian Koordinator Kemaritiman membuat dugaan sejumlah pihak akan tersanderanya Jokowi oleh kepentingan para pengembang proyek reklamasi pantai utara Jakarta akhirnya menjadi kenyataan.

Proyek reklamasi yang sarat intrik dan skandal tersebut sempat membuat Ahok, Gubernur DKI Jakarta dan menteri Rizal Ramli berdebat sengit secara terbuka. Ahok, kemudian melaporkan kepada Jokowi perihal 'pertikaian' tersebut.

Ahok sangat yakin, bahwa Jokowi berada di pihaknya dan proyek reklamasi yang kini dalam proses moratorium akan segera bisa dilanjutkan.

Posisi Menko Kemaritiman Rizal Ramli yang kini diduduki Luhut B. Panjaitan yang dikenal sebagai orang dekat Jokowi diyakini akan memuluskan proses kelanjutan reklamasi yang sarat dengan kepentingan cukong pengembang.

Mantan juru bicara Gus Dur, Adhie Massardi menyatakan, untuk mengetahui siapa "otak" di balik reshuffle tidaklah susah. Bisa dilihat dari output nya.

"#Reshuffle Lihat outputnya. Akan tampak apakah Reshuffle merupakan 1. Kehendak Presiden 2. Kehendak Parpol atau 3. Kehendak Pengembang," tulis @AdhieMassardi.

Output dari reshuffle sudah membuktikan bahwa kabinet ini memang benar-benar Kabinet Podomoro. Kabinet yang disesuaikan dengan selera para cukong pendana Jokowi.

Rakyat kini hanya bisa menjadi penonton yang harus bersiap-siap merasakan himpitan ekonomi yang lebih menyesakkan dan menyaksikan skandal demi skandal mega korupsi diabaikan oleh rezim

Maka tak salah jika pagi ini, Ahok tersenyum saat ditanya pendapatnya mengenai reshuffle yang kemungkinan besar akan berdampak pada tergesernya Rizal Ramli.

“Enggak tahu, kamu tanya Presiden. Aku enggak tahu. Aku juga tahu kata kamu kok, he-he,” katanya saat ditanya, Rabu, 27 Juli 2016.