Wow! Capai 1 Juta Likers, Tingkat Interaksi Fan Page JONRU Tertinggi Dibanding Jokowi-Ahok


Fan Page JONRU memang fenomenal!

Pada Kamis (28/7) kemarin, jumlah likers/fans sudah tembus 1 JUTA. Padahal JONRU bukanlah pejabat publik, tokoh politik, ataupun artis, tapi orang biasa saja.

Namun sebenarnya, jumlah likers bukanlah segalanya. Banyak fan page yang likersnya jutaan, namun interaksi antarpembaca sangat sepi.

Nah, Fan Page Jonru memiliki interaksi antarpembaca (engagement) yang sangat ramai.

Pada gambar di bawah ini, Fan Page Jonru menempati urutan terbawah dalam hal jumlah likers (dibandingkan dengan fan page sejumlah tokoh politik). Namun dari segi engagement, justru Fan Page Jonru menempati urutan pertama.


Sekadar info: Angka yang terdapat pada gambar ini adalah untuk periode mingguan, dan akan selalu berubah-ubah sesuai perkembangan. Gambar ini di-capture tanggal 29 Juli 2016 pukul 06.59 WIB.

Tingginya angka engagement membuktikan bahwa likers fan page Jonru adalah ASLI dan ALAMIAH, bukan likers berbayar. Sebab engagement yang tinggi biasanya hanya tercapai jika status-status suatu fan page selalu menjadi viral. Dan status viral hanya bisa tercapai pada fan page yang likersnya asli serta alamiah.

Mungkin ada yang bertanya:
Jumlah likers 1 juta, kok yang komen hanya sekitar 1.000 orang? Ya, tentu karena banyak penyebabnya, antara lain:

1. Tidak semua orang online pada saat status tersebut diposting

2. Ada algoritma di Facebook bernama EDGERANK yang menyebabkan tidak semua orang bisa melihat status kita di beranda mereka. Silahkan googling mengenai edgerank tersebut, agar Anda paham.

3. Berdasarkan pengalaman, hanya sekitar 4% dari total pembaca yang melakukan interaksi (like, comment, share) pada status kita. Selebihnya adalah para silent readers yang cukup puas hanya dengan membaca saja.

4. Dari gambar terlampir, Anda bisa melihat bahwa angka engagement di fan page JONRU jauh lebih tinggi dibanding angka yang sama pada fan page Jokowi yang likersnya sudah mencapai 6 juta lebih.

Artinya jika Anda mempertanyakan total interaksi di fan page JONRU yang menurut Anda sangat kecil jika dibanding jumlah likers-nya, maka Anda mungkin lupa bahwa angka yang sama di fan page Jokowi dan Ahok justru jauh lebih kecil.

Selamat buat bang Jonru!